Sabtu, 28 Februari 2015

Wisata ke Gunung Seulawah Agam, Aceh Besar


gunung seulawah agam






Gunung seulawah agam adalah kawasan gunung berapi sekaligus sebagai konservasi alam yang berlokasi di kecamatan seulimeun kabupaten aceh besar profinsi nangroe aceh darussalam. Disini akan kita jumpai beraneka ragam hewan dan tumbuhan seperti gajah, rusa, kancil, babi hutan, beruang, landak, tenggiling, harimau sumatra, kedih, burung rangkang, jamur, ular serta bermacam spesies lainnya. Gunung yang berkedudukan diketinggian 1726 meter diatas permukaan laut ini juga di kenal dengan sebutan lain diantaranya, Solawa Agam, Selawadjanten, Solawaik Agam serta Goldberg. Luas wilayahnya sekitar 1,4 juta hektare dengan suhu minimal antara 19 sampai 21 derajat C dan suhu maksimal antara 25 sampai 30 derajat C. Tanah Simpago dan kawah heutsz adalah julukan untuk kawah seulawah agam.

Di provinsi aceh terdapat beberapa gunung yang masuk dalam kategori aktif diantaranya di Bener Meriah ada gunung Burnitelong, di Gempang ada gunung Peut Sagoe serta di Sabang terdapat gunung Jaboi. Gunung seulawah agam yang merupakan gunung dengan daya tarik bagi wisatawan baik manca maupun domestik akan keindahannya juga masih dalam kategori gunung aktif. Dikawasan pegunungan ini terdapat hutan yang masih alami, lebat, jarang dijamah manusia serta ada hutan yang tergolong hutan lindung.

Bersama 19 gunung berapi yang masih tergolong aktif di Indonesia, gunung seulawah agam sebagai salah satu tempat wisata di aceh tergolong dalam gunung berapi waspada level 2. Gunung yang lain adalah gunung Kelud di kediri, gunung Raung di bondowoso jawa timur, gunung Ibu di halmahera maluku, gunung Lewotobi Perempuan di pulau flores, gunug Ijen di banyuwangi, gunung Gamkonora di pulau halmahera, gunug Soputan di sulawesi utara, gunug Sangeangapi di kepulauan sunda kecil nusa tenggara barat, gunung Papandayan di garut jawa barat, gunung Dieng di jawa tengah, Seulawah Agam (Aceh), gunung Gamalama di kepulauan halmahera, gunug Bromo di jawa timur, gunung Semeru di jawa tengah, gunung Talang di solok sumatra barat , gunug Anak Krakatau di selat sunda, gunug Merapi di jawa tengah, gunung Dukono di tobelo maluku, dan gunung Kerinci di jambi.

sumber : http://paketliburannusantara.blogspot.com/2014/09/wisata-gunung-seulawah-agam.html

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar